Pages

Selasa, 17 September 2013

Penerimaan Tamu Ambalan



Majalengka, 30 Agustus 2013.  Ambalan Kihajar Dewantara dan Dewi Sartika atau yang sering dikenal dengan istilah KIHANDEKA, Pramuka pangkalah SMAN 2 Majalengka sukses mengadakan kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA).
Penerimaan Tamu Ambalan merupakan suatu ritual adat di setiap Ambalan Penegak yang diikuti oleh para siswa yang akan mengikuti kepramukaan karena statusnya dipindahkan dari Pasukan Penggalang ke Ambalan Penegak. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas X yang nantinya akan menjadi anggota Pramuka di Kihandeka. Peserta kegiatan yang terdiri atas kelas X ini kurang lebih sekitar 400 orang, ya cukup lumayan banyak karena Pramuka di SMANDAKA ini sudah menjadi Ekskul wajib sejak satu tahun yang lalu.
Keseluruhan peserta untuk PTA ini dikelompokan berdasarkan sangga-sangga (satuan kecil dibawah ambalan) dan tercatat ada 36 sangga yang mengikiti. Untuk pembagian sangga cukup berbeda dari tahun lalu, dimana tahun sekarang pembagian sangga berdasarkan sistem acak dengan berbagai pertimabngan salah satunya untuk mendapat teman baru. Kepanitiaan PTA terdiri atas anggota Penegak Bantara dan Penegak Laksana.
Kegiatan ini terdiri dibuat sedemikian rupa agar berkesan dipundak peserta. Salah satunya adalah bentuk penjelajahan/wide games. Tetapi berbeda dari wide games biasa. Untuk PTA ini tidak terlalu mengedepankan hal yang berbau materi, akan tetapi lebih mengedepankan hal-hal yang berbau pelaksanaan langsung seperti kepemimpinan, berorganisasi, motivasi, renungan diri dsb. Hal ini dilakukan sebagai bekal bagi anggota Pramuka kedepannya.
Seusai penjelajahan ketika memasuki kawasan sekolah, peserta disambut dengan acara ritual adat ala tradisi Kihandeka. Yaps peserta disambut dengan mandi air yang menandakan secara adat sudah diterima sebagai Penegak Tamu di Kihandeka. Tapi ada hal lucu dalam ritual ini, bukannya peserta yang basah-basahan tapi malah panitia yang sibuk basah-basahan, J jangan ditiru ya kawan.
Seusai upacara / ritual adat ambalan ini, maka resmilah adik-adik kita semua sebagai tamu di Ambalan Kihandeka. Pesan buat adik-adik Pramuka, semangat terus Pramukanya yaaaa, nanti kita berjumpa lagi dalam Pelantikan Calon Penegak. (@mnursiddiq)

0 Coment:

Posting Komentar