Pages

Selasa, 17 September 2013

PRAMUKA KINI PUNYA SERAGAM BARU



Dengan dikeluarkannya SK Kwarnas nomor 174 tahun 2012tepatnya pada bulan desember kemarin, kini pramuka punya aturan baru mengenai seragam Pramuka. SK tersebut menggantikan SK 226 2007. Untuk seragam baru ini terdapat beberapa perubahan dari pakaian yang lama.
Perubahan pada putra tidak terlalu mencolok, hanya saja perubahan terjadi pada jumlah saku pada bagian celana. Kalau seragam sebelumnya putra memekai saku dua di samping dan dua saku dibelakang. Namun untuk sekarang putra memakai celana dengan dua saku tempel di belakang, dua saku dalam dan dua saku timbul di samping. Selebihnya tidak ada perubahan.
Untuk pramuka putri mengalami perubahan mencolok dari aturan seragam sebelumnya, dimana dulu putri mengenakan pita leher yang disimpulkan dan topi yang terbuat dari bahan anyaman bambu. Namun nuntuk sekarang semua tingkatan putri mengenakan setangan leher yang menggunakan ring sama seperti putra dan topi untuk tingkatan Penggalang – Pandega dengan bentuk sama tapi terbuat dari bahan laken/belubru.
Perubahan juga terjadi pada berbagai tingkatan pramuka dimana untuk tingkatan siaga ada tambahan berupa dua buah list coklat tua pada bagian saku dan bagian lengan. Untuk penggalang putri kini seragamnya jauh berbeda dari sebelumnya dimana sekarang baju penggalang putri disamakan dengan penggalang putra yang memiliki dua saku tempel pada bagian dada, berbeda dengan sebelumnya ketika pada baju putri tidak terdapat saku tempel pada bagian dada dan hanya ada lipatan melintang saja.
Berikut merupakan gambar dari seragam harian dari tingkatan siaga – pandega, namun untuk lebih lengkapnya bisa melihat SK nya langsung.

0 Coment:

Posting Komentar